Materi Pelajaran Biologi

1.       METODE ILMIAH

        Suatu penelitian biologi harus dilakukan melalui tahap-tahap yang sistematis. Tahapan-tahapan tersebut merupakan tahapan metode ilmiah yaitu terdiri atas :
a.       Merumuskan masalah
        Sebelum menentukan suatu penelitian perlu dirumuskan permasalahan yang akan diteliti terlebih dahulu. Dalam merumuskan permasalahan untuk suatu percobaan perlu diperhatikan hubungan antarvariabel.
        Rumusan masalah ditulis dengan menggunakan kalimat tanya yang diakhiri dengan tanda tanya. Kata tanya yang dipergunakan sebaiknya : Bagaimana.
        Judul Percobaan : Pengaruh Intensitas Cahaya Terhadap Pertumbuhan Perkecambahan
Contoh rumusan masalah : Bagaimana pengaruh intensitas cahaya terhadap pertumbuhan perkecambahan ?

b.       Mengumpulkan Keterangan
        Setelah masalah dapat dirumuskan kita mulai mengumpulkan keterangan. Pengumpulan keterangan dapat dilakukan melalui pengamatan langsung (observasi) atau secara kepustakaan membaca buku-buku hasil penelitian sebelumnya. Kegiatan ini bertujuan untuk menemukan jawaban sementara terhadap masalah tersebut. Untuk memudahkan dalam mengobservasi data maka perlu dibuat tabel pengamatan.

c.        Merumuskan Hipotesis
        Hipotesis adalah suatu dugaan sementara terhadap masalah sebelum dibuktikan. Dugaan sementara tersebut akan dibuktikan kebenarannya melalui percobaan (eksperimen) yang akan di lakukan. Ada dua macam hipotesis dalam eksperimen,yaitu hipotesis alternatif,  dan hipotesis nol. Hipotesis alternatif(Ha) adalah dugaan yang menyatakan ada pengaruh. Hipotesis nol(Ho) menyatakan tidak ada pengaruh. Dugaan sementara yang kita buat dapat diterima jika sesuai dengan hasil percobaan atau ditolak jika berbeda dengan hasil percobaan yang kita lakukan.
        Judul Percobaan : Pengaruh Intensitas Cahaya Terhadap Pertumbuhan Perkecambahan
Contoh : Ha /H1         : Intensitas cahaya berpengaruh terhadap pertumbuhan perkecambahan
                 Ho                 : Intensitas cahaya tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan perkecambahan

d.       Melakukan eksperimen (Percobaan)
        Eksperimen dilakukan untuk mengkaji kebenaran hipotesis yang diajukan. Dalam melakukan eksperimen diperlukan tingkat ketelitian yang tinggi, misalnya dalam penggunaan alat, pengukuran, pemberian perlakuan (ulangan atau sampel), kontrol, dan pengendalian faktor-faktor lain. Ketelitian dalam eksperimen sangat mempengaruhi hasil penelitian. Eksperimen dapat dilakukan di laboratorium atau di alam sesuai dengan tujuan penelitian kita.
        Sebelum melakukan percobaan perlu ditentukan variabel. Variabel merupakan faktor – faktor yang berpengaruh, memiliki nilai tertentu dan dapat diubah selama percobaan. Macam – macam variabel:
1)      Variabel Bebas (Variabel Manipulasi) : faktor yang dibuat bervariasi dan mempengaruhi variabel terikat (variabel respon)
2)      Variabel Terikat (Variabel Respon) : faktor yang dipengaruhi oleh variabel bebas dan yang diamati.
3)      Variabel Kontrol : faktor yang tidak boleh mempengaruhi dalam kegiatan percobaan. Faktor yang dibuat
sama dalam proses percobaan, dapat berupa alat atau bahan penelitian.
Contoh : Cara menentukan variabel dari Judul Penelitian
Judul Penelitian : Pengaruh Intensitas Cahaya Terhadap Pertumbuhan Perkecambahan
Variabel Bebas (Manipulasi ) : Intensitas Cahaya
Variabel Terikat (Respon)       : Pertumbuhan Perkecambahan
Variabel Kontrol                        : Biji (Kualitas, Usia, Jumlah, Ukuran Bij), Air (Kualitas, Jenis, Volume), Kapas
                                                          (Ketebalan, Jenis, Jumlah),  Suhu, Kelembaban, Wadah, Jadwal pemberian
                                                          air

e.       Menganilisis Data
        Data hasil eksperimen kita analisis untuk menarik kesimpulan hasil eksperimen. Data umumnya dianalisis secara statistik.

f.         Menarik Kesimpulan Hasil Eksperimen
        Kesimpulan dibuat berdasarkan hasil eksperimen yang dilakukan. Kesimpulan ada dua kemungkinan, yaitu hipotesis ditolak atau hipotesis diterima. Dari kesimpulan tersebut dapat dikemukakan teori-teori. Selain itu, berdasarkan kesimpulan itu dapat pula dilakukan pengujian ulang.

g.       Mengkomunikasikan
Hasileksperimen/penelitianhendaknyadibuatlaporansecararincisesuaikaidahpenulisankaryatulisuntukdikomunikasikan (dipublikasikan) agar memberimanfaatdansekaligusmendapatpengakuandarimasyarakat.
                Cara PembuatanTabel
                VariabelBebas      : IntensitasCahaya (Percobaandenganmenggunakan 3 tempat yang intensitascahayanya
Berbeda (Mis :KamarTidur, TerasRumah, Di Luarrumah)
                VariabelTerikat   : PertumbuhanPerkecambahan (Diukurtinggiperkecambahansetiaphariselama1(satu)
minggu
                TabelPengamatan
Tempat
Pertumb
UkuranTinggiPerkecambahan


Senin

Selasa
Rabu
Kamis
Jumat
Sabtu
Minggu
KamarTidur







TerasRumah







Di LuarRumah







Lampiran : 1.2.2. LKPD – 1 

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar !
1.       Jelaskan pengertian berikut ini!
a.       Hipotesis                                             : ...................................................................................
b.       Variabel Manipulasi (Bebas)      : ...................................................................................
c.       Variabel Respon (Terikat)          : ...................................................................................
d.       Variable Kontrol                              : ...................................................................................
2.       Sifat-sifat yang seharusnya  dimiliki oleh seorang peneliti diantaranya:
a.       .......................................................................
b.       .......................................................................
c.       .......................................................................
d.       .......................................................................        
3.       Seorang ilmuwan melakukan penelitian dengan judul: “Pengaruh SuhuTerhadap Penyimpanan Tepung Ketela Pohon. Tentukan variabel berikut ini dari penelitian tersebut:
a.       Variabel Manipulasi       : ...................................................................................
b.       Variabel Respon              :...................................................................................
c.       Variabel Kontrol              :...................................................................................
4.       Bagaimanakah rumusan masalah yang tepat untuk soal no. 3?
5.       Buatlah2 (dua) hipotesis yang dapat diajukan dari judul penelitian soal no 3?


Lampiran : 1.2.2. LKPD – 2

RANCANGAN PERCOBAAN:
Tujuan                 : Peserta didik terlatih untuk membuat rancangan suatu percobaan.
Jika kita menemukan fakta:
Setiap hari seorang peternak ayam membersihkan kandang ayam miliknya sehingga kandang ayam yang dimilikinya selalu bersih dan tidak berbau. Peternak ayam tersebut selalu membuang kotoran ayam yang ada di kandang ke kebun dan sebagian lagi dibuang pada tanaman tomat yang selama ini ditanam pada polibag sehingga menyebabkan tanaman tomat menjadi semakin tumbuh dengan subur.  Tentukan komponen-komponen kerja ilmiahnya!
  1. Rumusan  masalah : ...............................................…………………………………….....
       
2.  Judul Penelitian    : .............................................................................................
        3.  Hipotesis :
               Ho                                           : .………………………………………………………………………………………
        Ha/ H1                                         : .………………………………………………………………………………………
       
        4.   Variabel :
a. Variabel Manipulasi                   : ............................................................................................
b. Varibel Respon                            : ............................................................................................   
                c.  Variabel Kontrol                        : ............................................................................................

5.    Alat dan bahan untuk eksperimen
        Alat : a. …………………………………......                      c. ................................................
                    b. ………………………………………                    d. ................................................  
        Bahan :
                    a. ………………………………………                     c. .................................................
                    b. ………………………………………                    d. .................................................         

6.    Cara kerja dalam Eksperimen
                a. ……………………………………………………………  d. .............................................................................
                b.……………………………………………………………. e. ..............................................................................
c.…………………………………………………………….  f.  .............................................................................

        7.  Tabel pengamatan (masukkan variabel-variabelnya)!
                a.………………………………………………………………………………………………
                b.………………………………………………………………………………………………
c.  Tabel Pengamatan : (Lihat contoh bentuk tabel pada halaman materi)

     8.Jika dari hasil eksperimen hipotesis nol  ditolak maka, kesimpulannya adalah ..........................................
.........................................................................................................................................................................................


Lampiran 1.2.2. – LKPD 3

Tabel Simbol Sifat – Sifat Bahan Kimia
No
Gambar
Nama
Sifat Bahan
Contoh
1



2



3



4



5



6



7




Bahan Diskusi :
1.      Apa yang dimaksud dengan alat dan bahan laboratorium ?
2.      Mengapa laboratorium diperlukan ?
3.      Buatlah Tata Tertib Laboratorium !(Paling sedikit 10 item)
4.      Mengapa kita harus memahami keselamatan kerja di laboratorium ?

5.      Sebut dan jelaskan faktor penyebab kecelakaan kerja di laboratorium !

Komentar